TRACER STUDY.
TRACER STUDY4
TRACER STUDY5
TRACER STUDY6
TRACER STUDY8
TRACER STUDY10
IMG20180813112510
IMG20180813122721
TSNEW4
TSnew3
TSnew2
TSNew1
TS14
TS13
TS6
TS7
TS8
TS9
TS10
TS11
TS12
TS5
TS4
TS3
TS2
TS1
TRACER STUDY NEW
previous arrow
next arrow
Shadow

Latar Belakang

Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) adalah salah satu universitas swasta di Indonesia yang didirikan pada tahun 1990. Pendirian Unjani sesuai Surat Keputusan Ketua Umum YKEP nomor : 027/YKEP/1990 tanggal 20 Mei 1990 yang selanjutnya dikukuhkan dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor : 0512/O/1990 tanggal 9 Agustus 1990.

Universitas Jenderal Achmad Yani  telah berperan aktif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi serta mempunyai andil besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, mengatasi berbagai persoalan bangsa, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan memelihara kelestarian lingkungan.Fakultas Kedokteran merupakan salah satu fakultas di Unjani. FK Unjani terus dituntut untuk selalu memperbaiki kualitas proses pendidikannya disertai dengan upaya peningkatan relevansinya dalam rangka persaingan global. Upaya melakukan perbaikan baik dibidang akademik maupun infrastruktur telah banyak dilakukan. Upaya ini dimaksudkan sebagai langkah untuk memperbaiki mutu lulusan yang mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman.

Tracer study merupakan pendekatan yang memungkinkan perguruan tinggi memperoleh informasi dan feedback tentang kekurangan yang mungkin terjadi dalam proses pendidikan dan pembelajaran. Tracer study juga merupakan dasar untuk perencanaan aktivitas untuk penyempurnaan pembelajaran di masa mendatang. Hasil tracer study dapat digunakan perguruan tinggi untuk mengetahui keberhasilan proses pendidikan yang telah dilakukan terhadap mahasiswanya. Selain itu, penelitian tersebut penting untuk mengetahui apakah kurikulum di Fakultas Kedokteran Unjani telah sesuai dengan kebutuhan stakeholder. Oleh karena hal tersebut diatas, maka diperlukan adanya studi penelusuran yang dilaksanakan oleh FK Unjani.

     Lulusan dokter Fakultas Kedokteran Unjani sampai dengan bulan Mei 2021 berjumlah 2473 dokter yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Para lulusan tersebut memiliki status yang berbeda-beda, antara lain sebagai Dosen, PNS, Dokter PTT, TNI dan POLRI dan yang menempuh program pendidikan dokter spesialis. Studi yang dilakukan sangat penting bagi Fakultas Kedokteran Unjani untuk terus berusaha memperbaiki kualitas kurikulum yang diberikan terhadap mahasiswanya.  Oleh sebab itu, dibutuhkan feedback dari para lulusan dan  stakeholder yang mendayagunakan lulusan dokter Unjani dalam rangka pengembangan  dan perbaikan kurikulum.

Tujuan

Tujuan dari tracer study ini adalah untuk:

  1. Memeroleh gambaran profil dan kualitas lulusan FK U
  2. Memeroleh data base FK Unjani
  3. Memperbaiki kurikulum FK Unjani agar dapat memenuhi kebutuhan
  4. Memeroleh bukti empiris penilaian kualitas lulusan FK Unjani dari stakeholder.
  5. Memeroleh umpan balik dari stakeholder

Manfaat

  1. Sebagai bahan pertimbangan guna melakukan perbaikan sistem pendidikan dan pengajaran di FK Unjani.
  2. Membangun jejaring /
  3. Membantu perguruan tinggi dalam proses akreditasi.
  4. Meningkatkan kinerja dosen dan staf FK Unjani.
  5. Evaluasi relevansi kurikulum dengan kebutuhan

Metode Studi

Studi yang dilakukan adalah studi kuantitatif dengan disain deskriptif. Data diperoleh untuk menilai evaluasi kurikulum, dan data stakeholder pengguna lulusan. Data- data tersebut diperoleh dengan 3 cara. Data evaluasi kurikulum  diperoleh dari  jumlah lulusan yang lulus dari dua tahun terakhir dari tahun 2020 dan diperoleh data sebanyak 105  data lulusan . Data lulusan didapatkan dengan mengisi kuesioner pada googleform dengan alamat web http://bit.ly/traceralumniku . Data  stakeholder diperoleh dengan mengisi kuesioner stakeholder  melalui googleform dengan alamat web http://bit.ly/tracerstakeholderku . Data stakeholder yang diperoleh sebanyak 43 stakeholder. Populasi pada tracer  study ini merupakan seluruh  jumlah alumni yang sudah lulus profesi dokter  pada tahun ajaran 2017-2018 dan sudah selesai 1 tahun internship. Seluruh sampel dihubungi oleh tim tracer  untuk mengisi kuesioner melalui link http://bit.ly/traceralumniku. Tracer study ini diharapakn lebih dari 50% alumni mengisi Kuesioner.

GRAFIK 1 KEPUASAN STAKEHOLDER
GRAFIK 2 KEPUASAN STAKEHOLDER
GRAFIK 3 KEPUASAN STAKEHOLDER
previous arrow
next arrow
Shadow